Kamis, 16 Februari 2012

Kurbannya Nabi Ismail a.s.

Suatu ketika Ibrahim sedang tidur , dia bermimpi . Dalam mimipinya itu Allah memerintahkannya untuk menyembelih putranya sendiri yaitu Nabi Ismail a.s. dengan tangannya sendiri .
Kemudian Ibrahim terbangun dan ketakutan . Dia bermimpi yang sama itu selama 7 malam . Dia bercerita kepada istrinya Hajar tentang mimpinya itu . Tanpa sengaja Ismail mendengar pembicaraan antara Ibrahim dengan istrinya itu . Dengan tiba - tiba Ismail berkata " lakukanlah ayah , karena itu merupakan perintah Allah ! aku ikhlas ayah ."
Akhirnya , Ibrahim bertekad melaksanakan perintah Allah itu karena Ismail tidak keberatan .
Ibrahim dan Ismail pergi ke lereng gunung dekat lembah Mina dengan membawa pisau yang tajam .
Sesampainya di sana Ibrahim membaringkan anaknya dan mengikat kedua tangan dan kakinya dengan seutas tali .
Ismail pun berkata "wahai ayahku , janganlah engkau mengikat tangan dan kakiku karena apabila hal itu diketahui oleh malaikat, mereka menyangka aku tidak menerima perintah Allah".

Ibrahim pun akhirnya melepaskan tali tersebut . Ketika akan menggoreskan pisau itu ke leher Ismail , tiba - tiba Ismail berkata " wahai ayahku ,sebaiknya pisaunya diasah terlebih dahulu agar bisa mengenai leherku " .
Pada saat Ibrahim menyembelih Ismail , malaikat Jibril datang dengan membawa seekor kambing dan segera menggantikan posisi Ismail tadi dengan kambing tersebut . Dengan cepat , kambing itu tersembelih oleh Ibrahim . 
Demikian Allah SWT memberikan jalan bagi orang yang suka bersabar dan bersyukur atas nikmat-Nya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman