Kamis, 16 Februari 2012

Jenderal Sudirman

Sudirman dilahirkan di Purbalingga , 24 Januari 1916 . Ibunya bernama Sijem dan Ayahnya bernama Karsid Kartawiraji .
Sudirman memperoleh pendidikan formal dair Sekolah Taman Siswa . Kemudian dia melanjutkan sekolahnya ke HIK ( sekolah guru ) Muhammadiyah di Solo .
Saat muda dia dikenal disiplin dan giat di organisasi Pramuka Hizbul Wathan ini , kemudian menjadi guru sekolah HIS Muhammadiyah di Cilacap .
Ketika pendudukan Jepang , Sudirman muda masuk tentara PETA di Bogor . Begitu tamat pendidikan ia langsung menjadi Komandan Batalyon di Kroya . Setelah TKR terbentuk beliau menjadi Panglima Divisi V/Banyumas , dan akhirnya terpilih menjadi Panglima Angkatan Perang Republik Indonesia ( Panglima TNI ) . Jenderal Sudirman merupakan pahlawan pembela kemerdekaan yang tidak peduli pada keadaan dirinya sendiri demi mempertahankan Republik Indonesia yang dicintainya .


Ia juga merupakan salah satu pejuang pemimpin teladan bangsa . Beliau selalu konsisten dan konsekuen dalam membela kepentingan tanah air , bangsa , dan negara . Beliau dalam keadaan lemas karena sakit tetap bertekad untuk ikut bergerilya , walaupun harus ditandu .


Sudirman meninggal di Magelang pada tanggal 29 Januari 1950 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki , Yogyakarta .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman